TEKNIK MENGETIK 10 JARI

Apa yang dimaksud dengan Teknik mengetik 10 Jari, Apa Keuntungannya dan Bagaimana Caranya.

Apa itu Teknik Mengetik 10 Jari?


Teknik mengetik sepuluh jari adalah teknik mengetik yang menggunakan 10 jari yang bertujuan meng-optimalkan fungsi jari tangan. Teknik ini memiliki aturan penempatan masing-masing jari agar semua jari terbagi rata dalam mengetik. Mengetik dengan teknik ini dapat meningkatkan kecepatan dan keakuratan pengetikan. Jadi jika anda pernah melihat orang mengetik tanpa melihat keyboard inilah salah satu tekniknya, terlebih lagi orang yang dapat mengetik secepat ia berbicara nah ini juga salah satu tekniknya. Kebanyakan pengguna komputer hanya menggunakan sebagian jari tangan mereka, sehingga kurang efektif. 

Mengapa penting?


Mengetik adalah hal paling dasar yang harus dimiliki oleh pengguna komputer. Oleh karena itu mengetik dengan baik dan benar sangatlah penting. Banyak dari pengguna komputer hanya menggunakan sebagian jari tangan mereka untuk mengetik. Sehingga pengguna komputer hanya mengetik menggunakan jari telunjuk dan jari tengah mereka. Perilaku tersebut mungkin terkesan tidak penting namun ternyata hal itu dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada jari tangan. Bayangkan saja mengetik selama 1 jam yang digunakan hanya 2 atau 3 jari apa yang terjadi jika dilakukan dalam 1 tahun. Pastinya akan sangat berdampak pada kesehatan. Oleh karena itu mengetik dengan 10 jari adalah salah satu solusinya. Dan berikut ini keuntungannya.
Keuntungan teknik mengetik 10 jari :
  1. Mengetik jadi lebih cepat
  2. Pembagian kerja jari tangan lebih rata, sehingga dapat menghindari gangguan jari tangan
  3. Meningkatkan profesionalitas kerja
  4. Tidak perlu lagi melihat keyboard dalam mengetik
Bagaimana Caranya?

Pada dasarnya Keyboard sudah diatur sedemikian rupa sehingga pengguna dapat menggunakannya dengan efisien. Dan berikut ini adalah pembagian tugas jari tangan dengan keyboard QWERTY.

Tangan Kanan 
Kelingking : Ctrl Shift Capslock Tab `  Alt Z A Q 1
Jari Manis : X S W 2
Jari Tengah : C D E 3
Jari Telunjuk : V F R 4 B G T 5
Ibu Jari : Spacebar

Tangan Kiri
Ibu Jari : Spacebar
Jari Telunjuk : N H Y 6 M J U 7
Jari Tengah : ,  K I 8 
Jari Manis : . L O 9
Kelingking : / ; P 0 Shift ' [ - Enter ] = \ Backspace


Penggunaannya adalah, Posisi awal ke empat jari kanan dan kiri berada pada keyboard yaitu pada ASDFGHJKL;. lalu jika ingin mengetik tinggal arahkan masing-jari keatas atau kebawah sesuai dengan tugasnya. Pada dasarnya satu jari memiliki satu garis kerja, jadi tinggal arahkan jari ke atas atau ke bawah setelah itu kembali lagi kepada posisi awal. Misal, pada telunjuk Kanan garis kerjanya MJU7NHY6 nah tinggal arahkan saja jari anda ke tujuan hurufnya, setelah itu kembali lagi ke posisi awal. 
Yang paling penting adalah setelah kita berpindah dari satu huruf ke huruf lain usahakan posisi kembali ke posisi awal yaitu pada ASDFGHJKL; dan tetaplah konsisten dengan tugas masing-masing jari. Penggunaan spasi bebas bisa juga dengan selang seling. Untuk pertama kali mungkin sedikit sulit tapi kalau sudah terbiasa mengetik sama halnya dengan menulis.

Video agar lebih mudah memahami.



Aplikasi Latihan Mengetik


Untuk melatih kemampuan mengetik sepuluh jari anda ada beberapa program diantaranya : Typing Master, Mavis Beacon Teaches Typing. Dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai kemudahan. Terdapat statistik kecepatan, pemetaan jari, games, dan masih banyak lagi. Jika anda tekun dalam belajar mengetik maka kecepatan anda akan meningkat dan banyak sekali keuntungan yang bisa didapat. 

Sekian dulu artikel ini, semoga bermanfaat. 
Tetaplah berlatih dan sabar. 

0 comments:

Post a Comment